HOLAT

(MAKANAN SEHAT YANG UNIK)

Apa yang pertama kita bayangin law dengar kata2 holat?

Kalo r0sa ngebayangin tuw pasti makanan yang aneh2 (koq tau makanan, sa? Ya iyalah…Baca post sebelumnya ya…) ^_^

Yang pasti kayaknya makanan yang pahit….Abisnya orang batak kan biasanya suka makanan yang pahit2 gt….Katanya ne, makanan yang pahit itu bagus buat kesehatan dan juga buat kita jadi pinter lho…Hohohoho….



Tapi ternyata makanan yang satu ini punya keunikan tersendiri. Holat itu dalam bahasa Batak artinya kira2 batang dari pohon buah Balakka. Sebenarnya gak ada arti yang spesifik sekali.

Holat sendiri terdiri dari ikan mas yang dibakar trus ditambahin kuah sedikit yang bumbunya itu berasal dari batang pohon buah Balakka itu. Nah, jadi ngerti kan kenapa dikasih nama Holat?

Trus, batang pohon buah Balakka itu diapain? Gak mungkin kan diolah mentah2 gitu…Keselek dong nanti…Hihihihi….

Jadi, kulit ari dari batang tadi dibuang, bagian dalamnya diserut. Nah, hasil serutan tadi yang dimasukkan ke dalam air putih (yang udah direbus ya,,,,bukan yang mentah…Hehehehe).

Buat pelengkap, biasanya ditambahin di atasnya bawang goreng. Trus ada juga pakat (akar rotan yang dibakar).

Tapi, kalo dipikr2, kan repot juga tuh harus nyerut batang pohon buah Balakka. Kalo misalnya pesanannya banyak, kan berarti kita harus nyari batangnya lebih banyak juga. Makanya, sekarang banyak penjual yang membuat Holat in new version. Versi baru gitu.

Versi barunya tetap dengan ikan mas yang dibakar. Tapi kuah yang dari serutan tadi diganti dengan kuah biasa berbumbu, kayak kuah soto bening gitu, trus ditambahin dengan bawang goreng juga. Pakatnya juga gak ketinggalan. Sebenarnya kekhasan dari Holat jadi kurang berasa ya, tapi mungkin kondisi yang memaksa. Halah…Halah…

Tapi, sayangnya r0sa gak nyoba makan Holat. Alnya, waktu tu badan capek banget baru dari perjalanan jauh, jadinya gak minat makan yang aneh2 gt….Hm….Agak nyesal siyh….Huh….

Kita kan tahu, sekarang banyak banget makanan yang gak sehat yang bisa buat kita mengidap penyakit diabeteslah, kolesterol, dll. Kalau menurut r0sa siyh, Holat ne termasuk makanan yang sehat. Alnya kan ikannya dibakar, bukan digoreng. Trus juga, kuah dan pakat juga bagus buat kesehatan, kan alami dan berasal dari tuimbuh2an.

Jadi, lebih bagus kan kita makan-makanan khas Indonesia dari berbagai daerah daripada kita makan makanan junk food atau fast food yang beresiko untuk kesehatan kita. Selain sehat dan alami, dengan makan makanan khas Indonesia berarti kita juga ikut melestarikan kuliner negeri kita sendiri kan?

_arsilina _


0 komentar:

Design by Blogger Templates